Ternyata Ada 4 Tipe Introvert di Dunia Ini, Kamu Termasuk yang Mana?

Tipe Introvert Yang Ada Di Dunia Ini Dafunda Otaku

Dafunda Otaku – Sebelumnya kita pernah membahas dan coba untuk mengenali apa sih itu Introvert. Kita bahas secara singkat, Introvert itu adalah sebuah istilah untuk menyebutkan orang-orang yang cenderung menarik diri dari keramaian dan tenggelam dengan pikirannya sendiri.

Seacara singkat dan jelasnya, mereka adalah tipe-tipe orang pendiam dan penyendiri. Dan tahukah kamu, mereka-mereka yang disebut si Introvert ternyata punya tipe masing-masing yang berbeda untuk setiap Introvert.

Wah menarik ya kan, yuk kenali 4 tipe-tipe Introvert ini sebelum coba untuk mendekati si Introvert secara langsung. Catatan ya teman-teman, mereka yang termasuk Introvert, jangan kita kucilkan! ada baiknya coba kita dekati dan ajak berteman, karena mereka juga manusia sama seperti kita semua.

4 Tipe-tipe Introvert yang Ada di Dunia Ini

1. Social Introversion

Tipe Introvert Yang Ada Di Dunia Ini Dafunda Otaku

Kita mulai dari tipe Introvert yang pertama, yaitu Social Introversion. Tipe seperti apa mereka? oke kita definisikan. Mereka-mereka yang termasuk kategori ini adalah seseorang yang memilih untuk tidak bersosialisasi karena perasaan lebih nyaman untuk sendiri.

Contoh nyata si Introvert di Sekolah. Ketika tipe ini diharuskan untuk berada dalam suatu kelompok karena sebuah tugas dari guru, mereka lebih nyaman untuk berada di kelompok kecil.

Definisinya seperti mereka ini memiliki sebuah kecemasan yang tinggi ketika berinteraksi dengan orang lain. Tipe ini juga adalah Introvert yang sulit untuk menjaga emosinya ketika berada di keramaian.

2. Thinking Introversion

Tipe Introvert Yang Ada Di Dunia Ini Dafunda Otaku

Tipe kedua ini sih lebih terbilang adalah si Oreki Houtaru di dunia nyata. Thinking Introversion adalah si Introvert yang memiliki hal terpendam dari dirinya. Dalam sebuah kesempatan, hal tersebut akan langsung bisa kelihatan.

Mereka ini sebenarnya adalah tipe Introvert yang Bijaksana, Kreatif, dan juga Imajinatif.

Introvert kategori ini menghabiskan banyak waktu seorang diri untuk berpikir dan menganalisis setiap hal yang telah terjadi di dalam hidupnya. Apalagi soal teman atau sahabat, sekali ketemu! itu berarti ia telah menemukan orang yang sejalan dengan dirinya.

3. Anxious Introversion

Tipe Introvert Yang Ada Di Dunia Ini Dafunda Otaku

Seperti kebalikan dari yang pertama ya kan, tipe Introvert berikutnya adalah Anxious Introversion. Mereka yang masuk kategori ini adalah orang-orang dengan sosok yang pemalu, tertutup, dan canggung terhadap orang lain. Biasa kita temukan dan banyak sekali itu ada di Jepang.

Bukan karena kecemasan atau rasa takut terhadap orang lain, tipe mereka-mereka ini adalah Introvert yang sangat tidak nyaman terhadap orang banyak karena ia kurang keperca diri dan merasa buruk dalam keterampilan sosial.

Nah! sekilas, Social Introversion dan Anxious Introversion hampir terlihat sama atau mirip ya kan. Namun, tipe ketiga ini adalah si Introvert yang masih dapat mengemukakan pendapatnya kepada orang lain. Masih ada potensi untuk sembuh, istilahnya ya kan.

4. Restrained Introversion

Tipe Introvert Yang Ada Di Dunia Ini Dafunda Otaku

Berkaitan dengan nomor 2, Restrained Introversion adalah tipe Introvert yang juga suka berpikir. Mereka juga biasa kita temukan untuk bersosialisasi dengan orang banyak.

Nah, untuk mendefinisikan mereka ini. Mereka itu nampak seperti orang yang memiliki gerak lambat dalam mengambil tindakan. Si Introvert membutuhkan waktu lebih lama untuk pergi dengan memikirkan banyk kemungkinan.

(Biasanya Cewek) ia bukanlah orang yang suka bergegas bangun dari tempat tidur untuk menyambut dunia. Kamu termasuk Restrained Introversion kah?

Itulah keempat tipe Introvert yang ada di dunia ini. Tipe-tipe Introvert ini bener nyata loh, bisa jadi sekarang kamu yang Introvert bisa berbagi cerita tentang kamu yang ada di kategori mana. Yuk ngobrol di kolom komentar.

0/5 (0 Reviews)

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi