Studio Artland Anime
in

Saham Dilepas Perusahaan China, Studio Artland Selamat dari Kebangkrutan

Bulan lalu semua penggiat otaku terkejut dengan pernyataan bangkrut salah satu studio tertua di Jepang, Artland. Studio yang berdiri pada tahun 1978 itu menyatakan kebangkrutannya dan sudah berhenti beroperasi untuk sesaat.

Namun Berkat pelepasan yang dilakukan oleh Perusahaan dan Studio China, artland bisa selamat dari ‘kebangkrutan’ yang mereka alami. Perusahaan china yang dimaksud adalah Halioners dan Emon. Berkat keputusan merekalah studio jepang itu selamat dan kemungkinan besar bisa beroperasi kembali tak lama lagi.

Halioners dan Emon punya 51% saham dari Studio Artland, mereka memutuskan untuk memindahkan saham tersebut ke Perusahaan Investasi Jepang, Levels Co. Sementara itu saham sebesar 49% lagi masih di pegang oleh pemimpin studio tersebut, Kunihiro Okano.

Macross dari Artland Studio - Saham Dilepas Perusahaan China, Studio Artland Selamat dari Kebangkrutan | Dafunda Otaku

Karena saga transfer ini, Studio Artland Terlepas dari kebangkrutan. Studio Artland sendiri bukanlah nama yang asing bagi penggemar anime, tangan dingin mereka sudah melahirkan banyak karya populer dan beberapa diantaranya punya rating fantastis. Sebut saja Seri Macross yang sampai sekarang masih ada lanjutan serta spin-off nya, atau favorit saya yaitu Mushishi yang punya cerita yang luar biasa.

Transfer saham dilakukan lewat pemindahan 51% saham kepemilikan Artland yang dipegang Haoliners dan Emon ke Levels co. sementara 49% saham dipegang oleh presiden Artland, Kunihiro Okano. Ini berarti studio ini masih bisa beroperasi dan untuk sekarang bisa lolos dari ancaman kebangkrutan.

ARTIKEL TERKAIT
Cosplayer Ini Memakai Kostum Bergaya Retro, Membuat Semua Netizen Bernostalgia Melihatnya!

Emon sempat menjelaskan langkah investasi ke studio jepang yang mereka lakukan setahun terakhir, hal ini dilakukan untuk membuat studio animasi china berdasarkan praktik studio jepang. Namun usaha yang mereka lakukan gagal. Sekarang Artland sudah dimiliki lagi oleh Jepang, maksudnya Levels Co yang berdomisili di jepang.

Kautsar Juhari

Founder Dafunda Community. Menghabiskan waktu luang dengan bermain Game Pro Evolution Soccer. Film terbaik menurut saya Forrest Gump, dan Anime kesukaan Gintama.

Ayo mulai berdiksusi