20 Rekomendasi Anime Shounen Terbaik, Mengisi Keseruan Masa Remaja Kalian

in , ,

Rekomendasi Anime Shounen Terbaik ini Berdasarkan Polling Komunitas. Jadi Ayo beri suara untuk Anime Kesukaanmu!

Rekomendasi Anime Shounen Terbaik Dibawah ini Dibuat berdasarkan pendapat pribadi penulis.

Dafunda Otaku – Memiliki arti ‘masa muda’ atau ‘anak laki-laki’, maka manga atau anime Shounenmerupakan hiburan yang ditujukan pada anak laki-laki dari usia SD sampai SMA, 10 sampai 18 tahun. Biasanya tema yang sering diangkat cerita shounen adalah hubungan persahabatan dan keluarga, pencarian jati diri, serta menghadapi tantangan yang berat.

Meski di tujukan khusus untuk para cowok, shounen juga menjadi primadona loh di kalangan para cewek karena tidak selamanya cewek itu suka yang romance dan semacamnya. Nah, kali ini Dafunda Otaku akan mengulas deretan anime shounen terbaik yang patut banget kalian tonton.

Rekomendasi Anime Shounen Terbaik Berdasarkan Polling Komunitas Dafunda Otaku. Ayo Pilih Favoritemu!

1. Haikyuu!!

Hinata Shouyou jatuh cinta pada bola voli setelah menonton pemain berjuluk “Raksasa Kecil” di televisi. Meskipun tidak ada tim voli di sekolah menengahnya, ia berlatih secara intensif, meyakinkan orang lain di sekolahnya untuk bergabung, dan mereka memenuhi syarat untuk sebuah turnamen. Sayangnya, mereka bertemu dengan “Raja Pengadilan”, Tobio Kageyama, dan Hinata kalah tanpa basa basi.

Hinata membuat tujuannya menjadi lebih baik daripada Kageyama dan bergabung dengan tim voli SMA Karasuno, sekolah yang sama dihadiri oleh “Raksasa Kecil”. Sebuah kejutan menanti Hinata di sekolah barunya, salah satu rekan setimnya adalah Kageyama, dan mereka harus menyisihkan perbedaan mereka jika mereka ingin mengembalikan Karasuno ke kejayaan.

2. Shingeki no Kyojin

Titan, makhluk pemakan manusia, telah mengusir sisa-sisa terakhir manusia di balik tiga dinding konsentris. Umat manusia berhasil bertahan hidup di balik tembok-tembok Besar selama satu abad hingga sebuah Titan Kolosalmenghancurkan kedamaian mereka dan mematahkan sebagian dari dinding terluar. Eren Yaeger, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert, tiga anak yang mengalami tragedi besar ketika tembok itu dihancurkan, sekarang terdaftar di Korps Survei untuk memerangi para Titan di luar tembok.

3. Kuroko no Basket

Tetsuya Kuroko disebut “Bayangan Keenam” sebagai bagian dari tim basket SMP Teikou. Tim melanjutkan untuk memenangkan kejuaraan tiga tahun berturut-turut dan mendapatkan nama “Generasi Keajaiban,” tetapi menempuh jalan mereka sendiri di sekolah menengah dan menjadi saingan.

Tetsuya akhirnya pergi ke SMA Seirin di mana ia bekerja sama dengan Taiga Kagami, seorang pemain yang kembali dari AS, dan mereka bertujuan untuk memenangkan kejuaraan Interhigh. Ini tidak akan mudah, terutama ketika mantan anggota “Generasi Keajaiban” akan berdiri di jalan mereka.

4. Nanatsu no Taizai

Tujuh Dosa Mematikan adalah ksatria legendaris yang mengkhianati Ksatria Suci Britannia, sehingga mereka bisa menggulingkan penguasa Liones. Mereka gagal dan dikalahkan oleh Ksatria Suci. Satu dekade kemudian, Ksatria Suci Britannia telah menggulingkan penguasa Liones dan memulai pemerintahan tirani mereka atas kerajaan.

Elizabeth, salah satu mantan putri Kerajaan Singa, menjelajahi wilayah Britannia untuk menemukan Tujuh Dosa Mematikan dan meminta mereka untuk membantunya merebut kembali tahtanya dari Ksatria Suci.

5. Gintama

Sakata Gintoki adalah presiden Yorozuya, perusahaan yang melakukan pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan. Dua anggota Yorozuya lainnya adalah Shimura Shinpachi, seorang samurai dalam pelatihan, dan Kagura, alien yang sangat kuat.

Di sebuah Bumi di mana Jepang diserang oleh alien selama periode Edo, teknologi dengan cepat maju, dan samurai sebagian besar telah musnah. Sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan Gintoki, tetapi di dunia alien, pembunuh, pemberontak, bajak laut, dan segala sesuatu di bawah matahari, selalu ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

6. Beelzebub

Beelzebub adalah salah satu film Anime shounen terbaik, Bercerita sebuah sekolah bernama Ishiyama High, yaitu sekolah yang hampir semua siswanya adalah anak berandalan.

Ceritanya sendiri fokus kepada seorang siswa berandalan di Ishiyama High bernama Tatsumi Oga, yang dikenal sebagai petarung paling kejam di Ishiyama High. Suatu hari, Tatsumi Oga menemukan seorang bayi di sebuah sungai. Ternyata, bayi itu adalah anak iblis bernama Kaiser de Emperana Beelzebub IV, yang memilih Tatsumi Oga sebagai ayah angkat di dunia.

7. Boku no Hero Academia

Anime Boku no Hero Academia ini bercerita tentang dunia, dimana hampir 80% populasi manusia mempunyai kemampuan super. Hal inilah yang membuat profesi sebagai superhero menjadi begitu populer.

Midoriya Izuku yang bercita-cita ingin menjadi seorang superhero hebat. Hanya saja, Midoriya Izuku terlahir tanpa mempunyai kekuatan super.

Namun semuanya berubah ketika Midoriya Izuku bertemu dengan superhero idolanya bernama All Might, yang mewariskan kekuatan super miliknya bernama ” One For All “kepada Midoriya Izuku.

8. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhoodadalah salah satu film Anime action terbaik saat ini. Ceritanya sendiri fokus kepada dua saudara kandung bernama Edward Elric dan Alphonse Elric, yang harus hidup dalam penyesalan.

Edward Elric dan Alphonse Elric pernah gagal melakukan transmutasi untuk menghidupkan kembali ibu mereka. Akibatnya, Edward Elric harus kehilangan tangan kanan dan kaki kirinya, sedangkan Alphonse Elric harus kehilangan tubuhnya dan rohnya harus tersegel di dalam armor.

Setelah kejadian mengerikan tersebut, Edward Elric dan Alphonse Elric pun memutuskan berpetualang untuk mencari batu ” Philosoperstone “, yang konon katanya bisa memperbaiki dan mengembalikan tubuh mereka.

9. Ansatsu Kyoushitsu

Seorang makhluk misterius, yang tiba-tiba datang ke bumi dan mengaku sudah menghancurkan separuh bulan.

Makhluk misterius berwarna kuning tersebut juga akan menghancurkan bumi. Hanya saja, dia akan menunda hingga tahun depan, dan sebagai gantinya, dia meminta izin untuk menjadi guru di kelas SMP Kunigaoka di Jepang.

Dia juga mempersilahkan semua siswanya mencoba membunuhnya dengan cara apapun. Hanya saja, makhluk misterius ini bisa bergerak hingga 20 march/detik, sehingga sangat mustahil untuk membunuhnya.

10. Kekkai Sensen

Berlatarbelakang di kota fantasy bernama Helsalem Lot, yaitu sebuah kota yang dihuni manusia dan monster.

Ceritanya sendiri fokus kepada seorang pemuda bernama Leonardo Watch, yang memutuskan pindah ke kota itu, untuk mencari informasi tentang kekuatan matanya bernama ” Mata Tuhan Melihat Semuanya”.

11. One Punch Man

Saitama adalah pahlawan yang bisa mengalahkan siapa pun hanya dengan satu pukulan. Dia hanya seorang pahlawan untuk bersenang-senang. Menjadi pahlawan tanpa tantangan telah membuat hidup Saitama menjadi agak mengecewakan.

Meskipun kekuatannya, tidak ada yang tahu namanya, tetapi ada kesempatan untuk mengubah itu ketika Genos, cyborg berusia 19 tahun, mendaftarkan mereka di Asosiasi Pahlawan. Sekarang seorang pahlawan yang terdaftar, Saitama akan memulai pencarian serius untuk lawan yang akan membutuhkan lebih dari satu pukulan untuk dikalahkan.

12. Death Note

Manusia yang namanya tertulis di Death Note akan mati. Shinigami memiliki notebook ini dan keluar dari kebosanan. seorang Shinigami bernama Ryukmemutuskan untuk menjatuhkan Death Note-nya di Bumi. Light Yagami, siswa SMA dan anak cerdas, mengambil Death Note dan memutuskan untuk secara skeptis mengikuti instruksinya.

Ketika Death Note melakukan seperti yang dimaksudkan untuk dilakukan, Light Yagami melihatnya sebagai kesempatan untuk membersihkan dunia kejahatan. Dia kini diburu oleh detektif terhebat di dunia, seorang yang eksentrik bernama L, dan terperangkap dalam permainan kucing dan tikus.

13. Saiki Kusuo no Ψ-nan

Kusuo Saiki adalah seorang paranormal dengan kemampuan yang tak terhitung seperti visi x-ray, teleportasi, telepati, dan telekinesis. Kekuasaannya lebih merupakan kutukan daripada berkah untuknya dan hanya berfungsi untuk membuat hidupnya merepotkan.

Sayangnya, tidak seperti kebanyakan orang, dia tidak mendapatkan pengalaman tertinggi dan terendah dalam hidup berkat kekuatannya. Selanjutnya, kemampuan psikisnya entah bagaimana berkonspirasi untuk membuatnya terlibat dengan orang-orang yang paling aneh. Saiki berusaha untuk tidak menjadi sorotan tetapi di antara kekuatannya dan orang-orang yang dipikatnya, dia tidak memiliki banyak pilihan dalam masalah ini.

14. Bakuman

Impian Moritaka Mashiro untuk menjadi seorang mangaka hancur pada hari kematian pamannya, pamannya adalah seorang mangaka namun meninggal dunia karena terlalu banyak bekerja. Mashiro memilih untuk menerima hidup sebagai salaryman, tetapi itu tidak menghentikannya untuk menggambar di buku catatannya. Suatu hari, Akito Takagi, seorang mahasiswa as dan bercita-cita penulis, menemukan notebook Mashiro dan mengusulkan mereka bekerja sama untuk membuat seri manga terlaris.

Ketika proposal Takagi ditolak, dia menyeret Mashiro ke rumah Miho Azuki, gadis yang Mashiro naksir, dan memberi tahu dia tentang rencana mereka untuk membuat manga yang akan menjadi anime di mana dia akan menjadi aktor utama. Sekarang termotivasi oleh tujuan-tujuan baru ini, ketiga siswa sekolah menengah tidak akan menerima kurang dari ambisi mereka.

15. Noragami

Yato adalah dewa kecil tanpa kuil untuk namanya. Jika Kalian memiliki lima yen, ia bersedia melakukan hampir semua pekerjaan sampingan yang ada dalam pikiran Kalian untuknya. Meskipun ia memiliki impian ambisius untuk menjadi dewa yang disembah secara luas, ia begitu jauh dari cita-citanya sehingga Regalia-nya, mitra senjata dewa, meninggalkannya.

Hiyori, seorang gadis SMA yang bisa melihat hantu, datang untuk menyelamatkan Yato dengan keyakinan bahwa dia akan ditabrak truk. Kecelakaan itu tidak hanya meninggalkan Hiyori di tempat tidur rumah sakit tetapi juga setengah hantu. Hiyori menarik Yato untuk membantunya kembali normal dengan harga lima yen yang terjangkau.

16. Great Teacher Onizuka

Anime ” Great Teacher Onizuka “ ini memiliki dua versi, yaitu versi tahun 1998 dan versi tahun 2012. Ceritanya tentang seorang mantan pemimpin geng motor bernama Onizuka, yang menjadi seorang guru SMA.

Onizuka mengajar di kelas, yang terkenal dengan para siswanya ” super “ nakal. Dimana, siswa-siswa tersebut sering mengunakan berbagai cara ilegal, agar guru yang mengajar di kelas mereka segera pergi.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi Onizuka, yang memiliki metode ” lucu “ dalam mengajar, seperti matematika tanpa hitung-hitungan, bahasa tanpa EYD, pelajaran biologi yang bisa membuat siswa laki-laki berfantasy, dan sebagainya.

17. Soul Eater

Ceritanya berlatar belakang di sebuah sekolah khusus pengendali senjata Shinigami bernama Death City , yang dipimpin oleh seorang shinigami (dewa kematian).

Di Death City tersebut, ada tiga tim, yaitu Maka Albarn, Black Star dan Death the Kid. Tugas mereka adalah untuk belajar membuat senjata shinigami, yang akan digunakan dalam membasmi jiwa-jiwa jahat.

18. Black Clover

Black Cloverini bercerita tentang dua orang anak yatim piatu bernama Asta dan Yuno, yang sama-sama bercita ingin menjadi seorang kaisar sihir, yaitu sebutan untuk seorang raja penyihir.

Dari sinilah persaingan dua saudara angkat ini dimulai. Hanya saja, mereka berdua dilahirkan dengan perbedaan yang cukup mencolok, dimana Asta dilahirkan tanpa mempunyai bakat sihir apapun, sedangkan Yuno dilahirkan dengan bakat sihir yang cukup hebat.

19. Black Butler

Seorang anak berusia 12 tahun bernama Earl Ciel Phantomhive, yang terpaksa menjadi kepala keluarga ” Ciel Phantomhive “ setelah kedua orangtuanya dibunuh.

Earl Ciel Phantomhive mempunyai seorang pelayan sekaligus bodyguard bernama Sebastian Michaelis. Jika ada kasus misterius yang tidak bisa diselesaikan oleh siapapun, maka Earl Ciel Phantomhive dan Sebastian Michaelis akan menyeledikinya.

20. Katekyo Hitman Reborn!

Mengisahkan kehidupan Sawada Tsunayoshi, seorang pemuda SMA biasa yang lemah dalam olahraga serta payah dalam pelajaran, sampai-sampai dia dijuluki sebagai dame Tsuna.  Setelah kemunculan Reborn dalam kehidupan Tsuna, awalnya hanya biasa saja kini dia harus menjalani kehidupannya dengan keras serta harus mempersiapkan dirinya untuk melawan musuh-musuhnya.

Reborn adalah salah satu dari 7 bayi ajaib yang disewa oleh pak tua untuk melatih seorang keturunan Bos Mafia generasi sepuluh yang berada di Jepang yaitu Tsuna. Tsuna yang menjadi calon Vongola X yaitu sebagai pemimpin Vongola Family, hal ini membuat Reborn harus melatih Tsuna sedemikian keras agar Tsuna menjadi sosok pemimpin yang cocok.

#1 Black Clover

Black Clover ini bercerita tentang dua orang anak yatim piatu bernama Asta dan Yuno, yang sama-sama bercita ingin menjadi seorang kaisar sihir, yaitu sebutan untuk seorang raja penyihir.

Dari sinilah persaingan dua saudara angkat ini dimulai. Hanya saja, mereka berdua dilahirkan dengan perbedaan yang cukup mencolok, dimana Asta dilahirkan tanpa mempunyai bakat sihir apapun, sedangkan Yuno dilahirkan dengan bakat sihir yang cukup hebat.

Berhasil mengumpulkan: 16 Suara
Upvote Downvote

#2 Haikyuu!!

Hinata Shouyou jatuh cinta pada bola voli setelah menonton pemain berjuluk "Raksasa Kecil" di televisi. Meskipun tidak ada tim voli di sekolah menengahnya, ia berlatih secara intensif, meyakinkan orang lain di sekolahnya untuk bergabung, dan mereka memenuhi syarat untuk sebuah turnamen. Sayangnya, mereka bertemu dengan "Raja Pengadilan", Tobio Kageyama, dan Hinata kalah tanpa basa basi.

Hinata membuat tujuannya menjadi lebih baik daripada Kageyama dan bergabung dengan tim voli SMA Karasuno, sekolah yang sama dihadiri oleh "Raksasa Kecil". Sebuah kejutan menanti Hinata di sekolah barunya, salah satu rekan setimnya adalah Kageyama, dan mereka harus menyisihkan perbedaan mereka jika mereka ingin mengembalikan Karasuno ke kejayaan.

Berhasil mengumpulkan: 13 Suara
Upvote Downvote

#3 Shingeki no Kyojin

Titan, makhluk pemakan manusia, telah mengusir sisa-sisa terakhir manusia di balik tiga dinding konsentris. Umat manusia berhasil bertahan hidup di balik tembok-tembok Besar selama satu abad hingga sebuah Titan Kolosal menghancurkan kedamaian mereka dan mematahkan sebagian dari dinding terluar. Eren Yaeger, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert, tiga anak yang mengalami tragedi besar ketika tembok itu dihancurkan, sekarang terdaftar di Korps Survei untuk memerangi para Titan di luar tembok.

Berhasil mengumpulkan: 12 Suara
Upvote Downvote

#4 Kuroko no Basket

Tetsuya Kuroko disebut "Bayangan Keenam" sebagai bagian dari tim basket SMP Teikou. Tim melanjutkan untuk memenangkan kejuaraan tiga tahun berturut-turut dan mendapatkan nama "Generasi Keajaiban," tetapi menempuh jalan mereka sendiri di sekolah menengah dan menjadi saingan.

Tetsuya akhirnya pergi ke SMA Seirin di mana ia bekerja sama dengan Taiga Kagami, seorang pemain yang kembali dari AS, dan mereka bertujuan untuk memenangkan kejuaraan Interhigh. Ini tidak akan mudah, terutama ketika mantan anggota "Generasi Keajaiban" akan berdiri di jalan mereka.

Berhasil mengumpulkan: 10 Suara
Upvote Downvote

#5 Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah salah satu film Anime action terbaik saat ini. Ceritanya sendiri fokus kepada dua saudara kandung bernama Edward Elric dan Alphonse Elric, yang harus hidup dalam penyesalan.

Edward Elric dan Alphonse Elric pernah gagal melakukan transmutasi untuk menghidupkan kembali ibu mereka. Akibatnya, Edward Elric harus kehilangan tangan kanan dan kaki kirinya, sedangkan Alphonse Elric harus kehilangan tubuhnya dan rohnya harus tersegel di dalam armor.

Setelah kejadian mengerikan tersebut, Edward Elric dan Alphonse Elric pun memutuskan berpetualang untuk mencari batu ” Philosoperstone “, yang konon katanya bisa memperbaiki dan mengembalikan tubuh mereka.

Berhasil mengumpulkan: 8 Suara
Upvote Downvote

#6 Kekkai Sensen

Berlatarbelakang di kota fantasy bernama Helsalem Lot, yaitu sebuah kota yang dihuni manusia dan monster.

Ceritanya sendiri fokus kepada seorang pemuda bernama Leonardo Watch, yang memutuskan pindah ke kota itu, untuk mencari informasi tentang kekuatan matanya bernama ” Mata Tuhan Melihat Semuanya".

Berhasil mengumpulkan: 7 Suara
Upvote Downvote

#7 Ansatsu Kyoushitsu

Seorang makhluk misterius, yang tiba-tiba datang ke bumi dan mengaku sudah menghancurkan separuh bulan.

Makhluk misterius berwarna kuning tersebut juga akan menghancurkan bumi. Hanya saja, dia akan menunda hingga tahun depan, dan sebagai gantinya, dia meminta izin untuk menjadi guru di kelas SMP Kunigaoka di Jepang.

Dia juga mempersilahkan semua siswanya mencoba membunuhnya dengan cara apapun. Hanya saja, makhluk misterius ini bisa bergerak hingga 20 march/detik, sehingga sangat mustahil untuk membunuhnya.

Berhasil mengumpulkan: 6 Suara
Upvote Downvote

#8 Gintama

Sakata Gintoki adalah presiden Yorozuya, perusahaan yang melakukan pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan. Dua anggota Yorozuya lainnya adalah Shimura Shinpachi, seorang samurai dalam pelatihan, dan Kagura, alien yang sangat kuat.

Di sebuah Bumi di mana Jepang diserang oleh alien selama periode Edo, teknologi dengan cepat maju, dan samurai sebagian besar telah musnah. Sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan Gintoki, tetapi di dunia alien, pembunuh, pemberontak, bajak laut, dan segala sesuatu di bawah matahari, selalu ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Berhasil mengumpulkan: 5 Suara
Upvote Downvote

#9 Nanatsu no Taizai

Tujuh Dosa Mematikan adalah ksatria legendaris yang mengkhianati Ksatria Suci Britannia, sehingga mereka bisa menggulingkan penguasa Liones. Mereka gagal dan dikalahkan oleh Ksatria Suci. Satu dekade kemudian, Ksatria Suci Britannia telah menggulingkan penguasa Liones dan memulai pemerintahan tirani mereka atas kerajaan.

Elizabeth, salah satu mantan putri Kerajaan Singa, menjelajahi wilayah Britannia untuk menemukan Tujuh Dosa Mematikan dan meminta mereka untuk membantunya merebut kembali tahtanya dari Ksatria Suci.

Berhasil mengumpulkan: 4 Suara
Upvote Downvote

#10 Noragami

Yato adalah dewa kecil tanpa kuil untuk namanya. Jika Kalian memiliki lima yen, ia bersedia melakukan hampir semua pekerjaan sampingan yang ada dalam pikiran Kalian untuknya. Meskipun ia memiliki impian ambisius untuk menjadi dewa yang disembah secara luas, ia begitu jauh dari cita-citanya sehingga Regalia-nya, mitra senjata dewa, meninggalkannya.

Hiyori, seorang gadis SMA yang bisa melihat hantu, datang untuk menyelamatkan Yato dengan keyakinan bahwa dia akan ditabrak truk. Kecelakaan itu tidak hanya meninggalkan Hiyori di tempat tidur rumah sakit tetapi juga setengah hantu. Hiyori menarik Yato untuk membantunya kembali normal dengan harga lima yen yang terjangkau.

Berhasil mengumpulkan: Suara
Upvote Downvote

Konten ini Dibuat oleh anggota Dafunda Community. Komunitas Geek terbesar di Indonesia, ayo bergabung bersama kami. Nulis Sekarang!

3.5/5 (8 Reviews)

Micca Adi Ismanto Junior

Saya sering dipanggil Mika, saya memanfaatkan waktu luang untuk mengulas sedikit informasi mengenai dunia Perwibu'an, dan saya sempatkan sedikit untuk nongkrong di Nekopoi (Warung Tercinta).

Ayo mulai berdiksusi