Presiden Funimation: ‘Kami Akan Coba Memperbarui Kesepakatan dengan Crunchyroll’

Funimation

Bulan lalu, Crunchyroll dan Funimation telah mengakhiri kerjasama dalam platform mereka. Kesepakatan itu membuat masing-masing pihak bisa untuk memberikan judul katalog pada platform masing-masing.

Dalam wawancara dengan Newsweek yang diposting padahari Kamis, Presiden Funimation, Gen Fukunaga mengatakan bahwa Funimation telah mencoba untuk memperbarui kesepakatan dengan Crunchyroll. Ia mengatakan bahwa “Sony harus membuat keputusan atas hal itu”, kata Fukunaga. “Jika Crunchyroll tidak mau mengalah pada syarat-syarat itu, maka kita hanya perlu memutuskan untuk melakukan hal itu sendiri.

Perselisihan itu nampaknya mempengaruhi ekspansi Internasional. Menurut Newsweek, hak streaming Funimation memang terbatas pada wilayah tertentu dibawah kesepakatan dari Crunchyroll. Fukunaga juga menyebutkan bahwa dia merasa Sony Pictures Television Networks yang telah mengakuisisi sahan dari Funimation pada tahun 2017 dengan memberikan berbagai fasilitas penunjang. Sony pun menyarankan agar Funimation segera mengakhiri kesepakatan dengan Crunchyroll agar perusahaan dapat memperluas wilayah operasi-nya.

Funimation X Crunchyroll

Ini memberikan tanda bahwa salah satu dari perusahaan telah berbicara secara terbuka tentang keadaan dari diskusi tersebut.

Fukunaga juga mengatakan bahwa akuisisi untuk musim dingin 2019 sebagian besar masih diperoleh dari kerjasama Crunchyroll dan Funimation. Akan tetap kedua pihak masih mengajukan tawaran secara terpisah untuk hak streaming eksklusif.

Melihat hal itu, saya memprediksi bahwa kedua perusahaan ini akan memutus kerjasama dibandingkan melanjutkan hal itu. Karena mereka masing-masing mempunyai tujuan yang berbeda.

Syahrul Nizam

Sudah aktif di dunia Wibu ketika masih kelas 1 SMP. Mulai menulis di akhir tahun 2017. Dan pekerjaan itu saya lakukan jika ada waktu luang. Selain menulis artikel Otaku, saya juga sering menulis artikel game.

Ayo mulai berdiksusi