Apakah Wibu dan Otaku itu Sama? Inilah Perbandingan Keduanya Menurut Kami

Muhammad Solihin - Perbandingan Otaku & Wibu

Dafunda Otaku – Hallo, aku yakin kalian yang ada sekarang ini adalah orang-orang yang mempunyai akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan jenis sosmed lainnya.

Di akun kalian masing-masing aku yaking juga pasti terdapat setidaknya satu group anime yang selain berisikan postingan para anggota group, juga terdapat perdebatan untuk hal-hal sepele seperti adu Waifu dan adu Idol.

Baca juga: Apa itu Waifu

Disini aku mau membahas sesuatu yaitu tentang perbedaan seseorang yang disebut Wibu dan juga Otaku. Pada pertengahan tahun 2016 lalu, ada sebuah group Facebook yang membuat tenar dan bahkan membuat halaman-halaman (Fanspage) besar ikut meramaikan (Share dan Memicu).

Di group itu, para member memperdebatkan tentang Waifu (sosok karakter cewek Kawaii yang mereka sukai) dan juga idol dengan saling unjuk dan pamer Waifu kesayangan mereka masing-masing.

Apa sih Beda Wibu dan Otaku?

Kurosawa Dia - Muhammad Solihin

Aku tidak mau menyebutkan nama grup tersebut, hanya menjadikannya sebagai sebuah sampel saja. Aku pribadi tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bagi kalian yang pernah berada di grup itu pasti tahu.

Opini menurutku pribadi dari Komunitas ini, Wibu dan Otaku memiliki perbandingan bahkan perbedaan yang cukup mencolok, mari kita bahas lanjut tentang perbedaan Otaku dan Wibu menurut Dafunda.com.

Perbedaan Otaku Dan Wibu

Semoga bermanfaat, baca dan ikuti dengan benar apa yang disampaikan disini. Perbedaan Wibu dan Otaku aku rasa cukup jauh. Baca tentang apa itu Otaku disini > Apa itu Otaku.

Perbedaan Dalam Mendalami Budaya Jepang

Jepang - Dafunda.com

Pertama, perbedaan keduanya yang pertama adalah tentang ilmu pengetahuan mereka akan budaya-budaya dan hal yang ada di negara Jepang. Pada Otaku, mereka mendapatkan pengetahuan tentang budaya dan hal-hal yang ada di Jepang.

Itu biasanya karena berasal dari animanga dan game yang Culture-nya berisikan berbagai wawasan tentang budaya-budaya Jepang seperti game yang Map nya adalah sebuah sekolah di negara Jepang.

Sedangkan Wibu, pengetahuan akan hal tersebut cukup minim dan kurang, karena kebanyakan Wibu hanya suka dan ingin tauu tentang hal-hal yang berbau kesenangan. Misalnya tempat-tempat mengasikan di Jepang seperti bar dan tempat berkumpul sesama Wibu.

Tingkat Keasikan dan Ekspresi Terhadap Anime Favorit

Muhammad Solihin - Perbandingan Otaku & Wibu

Berikutnya tentang perbedaan Otaku dan Wibu adalah tentang kesukaan anime, Otaku menyukai anime dengan genre dan bertema Fantasy, Action, Romance. Mereka juga memfavoritkan anime Gore.

Sedangkan Wibu, lebih condong ke anime yang bertemakan Idol yang mirip dengan AKB48 seperti Love Live! Sunshine. Jenis ini juga lebih sering untuk menuangkannya menjadi seorang Cosplayer.

Baca juga: Apa itu Cosplay

Wibu - Dafunda.com

Wibu juga kalau soal yang namanya anime, pasti menyukai sebuah tontonan yang karakternya rata-rata adalah cewek, saking sangat menyenangi hal tersebut! mereka rela untuk membeli Figur, dan Dakimura (bantal tidur yang bergambarkan karakter kesayangan mereka).

Perbedaan Kehidupan Sosial

Wibu - Dafunda.com

Tipe orang yang termasuk kejajaran Otaku cenderung adalah seorang pemalu dan nyaman dengan keadaan sendiri tanpa seorang teman. Hal itu biasanya adalah bentuk efek atau dampak dari anime-anime yang ditonton.

Karena momen-momen dan bagian dalam sebuah cerita di anime bisa memberikan dampak besar kepada penonton.

Sedangkan pada Wibu, adalah orang yang suka memamerkan anime favorit, karakter favorit alias Waifu dengan orang lain dan bahkan membuat Spanduk untuk keperluan Meet-up sesama Wibu. Paham?

Well, Otaku dan Wibu Apakah Sama?

Jadi, bisa kalian simpulkan sendiri, bahwa Otaku dan Wibu itu tidaklah sama. Wibu adalah Typical yang jatuh ke dalam hal-hal asik di anime seperti menemukan Idol, Waifu, dan bahkan menciptakan momen di kenyataan dengan menjadi Cosplayer kesayangan mereka.

Sedangkan satu lagi yaitu Otaku, adalah tipe orang yang mengapresiasi setiap anime-anime berkesan yang memberikan nilai pelajaran kehidupan atau pengetahuan lebih tentang hal-hal yang ada di negara Jepang, bahkan ada yang pasih dalam berbahasa Jepang karena anime.

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi