Ini Alasan Mengapa Studio Ghibli Tidak Mengejar Pertumbuhan yang Diungkap Toshio Suzuki!

Mengapa Studio Ghibli Tidak Tumbuh Dafunda Otaku

Dafunda Otaku – Di tanggal 5 April beberapa waktu lalu, Produser sekaligus Co-Founder Studio Ghibli yaitu Toshio Suzuki, mengungkap dan membahas tentang mengapa Studio Ghibli tidak tumbuh pesat.

Melalui sebuah wawancara bersama Yahoo! Dan disana dibahas tentang perkembangan Studio tersebut, bagaimana pernyataan sang Co-Founder?

Toshio Suzuki Jelaskan Mengapa Perusahaan Tak Menargetkan Pertumbuhan

Mengapa Studio Ghibli Tidak Tumbuh Dafunda Otaku

Lewat dan sekaligus diskusi tersebut, Toshio Suzuki sang Co-Founder mengungkap alasan mengapa perkembangan pasar perusahaan tak dratis dan terlihat tak seperti mengejar target.

Beliau mengatakan seperti ini:

Saya tidak tahu apakah keuangan Studio Ghibli dibuka secara umum, tetapi jika dijajarkan setiap tahunnya dan dilihat angkanya, sangat tidak terorganisir.

Saat studio mengalami keuntungan yang sangat besar dalam satu tahun, tahun berikutnya hanya 1/10 dari angka tersebut. Di perusahaan saat ini, semua orang berpikir, ‘Ayo kita targetkan pertumbuhan 10% tahun depan’. Aku tidak bisa berpikir seperti itu. Mengapa harus ada pertumbuhan?

Beliau juga mengatakan kalau ia tahu tentang beberapa hal termasuk penjualan tahunan. Tahukah kamu, Studio Ghibli menerapkan kebijakan untuk menentang adanya Merchandising, beh.

Kebijakan dalam membuat barang dagangan, kami menekankan tak akan menghasilkan lebih dari 10 miliar yen. Jika lebih dari angka itu, kami akan mengumpulkan perusahaan yang sudah berasosiasi dalam proyek itu dan mencaci maki orang yang bertanggung jawab di depan mereka.

Pada suatu waktu, semua orang yang menangani masalah tersebut mengatakan ‘kau harus menjual lebih banyak lagi.’ Seseorang dari perusahaan tertentu juga mengatakan, ‘Kita bisa menaikan penjualan hingga 200 miliar yen hanya dari kita sendiri.’

Ini bukan lelucon. Jika mereka melakukannya, maka karakter buatan Studio Ghibli akan langsung mati. Aku ingin karakter buatan Studio Ghibli dapat hidup lebih lama.

Terkait hal yang cukup krusial ini, adakah sebuah tanggapan yang ingin kamu sampaikan terkait topik mengapa Studio Ghibli tidak tumbuh pesat? Tulis aja langsung di kolom komentar.


Sumber: Yahoo!

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi