Kekurangan Pegawai, Jepang akan Rekrut Tenaga Kerja Indonesia?

Jepang Kekurangan Tenaga Kerja Dafunda Otaku

Dafunda Otaku – Dilansir dari situs CNN Indonesia, sebuah kabar terbaru datang dari kerjasama bidang tenaga kerja antara Jepang dan Indonesia. Kedua negara ini sekarang memang sedang menjajaki penguatan tenaga kerja. Saat ini Jepang, dikabarkan tengah kekurangan tenaga kerja.

Kekurangan Pegawai, Jepang Lirik Tenaga Kerja Indonesia

Jepang Kekurangan Tenaga Kerja Dafunda Otaku
Gambar: CNN Indonesia

Mengenai Jepang yang dikabarkan tengah kekurangan tenaga kerja, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi angkat bicara. Beliau mengatakan kalau Negara produksi anime dan manga tersebut kekurangan tenaga kerja lantaran banyak pekerja lokal yang memasuki usia tidak produktif.

Ke depan, Indonesia berencana menjalin kerja sama bidang ketenagakerjaan yang lebih erat dengan Jepang mengingat Jepang saat ini perlu tenaga kerja asing, termasuk dari Indonesia

Itulah ucapan yang dilontarkan Retno setelah bertemu dengan Penasihat Khusus PM Jepang. Di sela High Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation di Jakarta, pada Rabu lalu.

Jepang sendiri membutuhkan berbagai tenaga kerja di bidang beragam, seperti dari sektor kesehatan, pertanian, hingga perikanan.

Dari Jepang sendiri, Takashi Yamashita sang Menteri Kehakiman Jepang, menepis pemberitaan media tentang adanya pembatasan jumlah pekerja asing yang dapat bekerja di negaranya.

Apakah kamu ada yang tertarik untuk menjadi bagian tenaga kerja tambahan di Jepang? Berikan pendapat kamu tentang topik ini, di kolom komentar, atau sampaikan sesuatu mungkin.

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi