Tambah Wawasan! Inilah 8 Fakta Menarik Tentang Anime Yang Harus Kamu Tahu

in , , , ,
8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Hallo teman-teman Dafunda Otaku, pada sekmen sebelumnya kami telah memberikan ulasan tentang apa itu otaku, asal mula dan perkembangan-nya. Dimana telah diperjelas tentang makna dari seseorang yang disebut seorang Otaku dan awal mula perkembangan-nya. Juga tentang 3 tingkatan penggemar anime di Jepang, mulai dari Otaku sampai Hikkikimori.

Preview Singkat Tentang Tingkatan Anime Lovers

Apa Itu Otaku? Otaku itu adalah sebuah sebutan untuk orang yang memiliki kecintaan atau mengunggulkan satu hal yang sangat ia sukai. Dan yang paling biasa atau umum ditemukan disini adalah Otaku Animanga dan Otaku Gamers!.

Apa Itu Hikkimori? Hikikimori adalah tipe orang yang lebih dari sekedar suka, mereka mengharapkan sebuah karakter anime atau kehidupan dari anime itu harus dapat menjadi nyata dan seringkali tipe seperti mereka ini berhayal hal-hal seperti itu menjadi nyata (Chunnibyou).

Apa Itu Wibu? Berbeda dengan Hikkikimori yang mempunyai over-fanatik dengan suatu hal namun dipendam dan jarang mau memperlihatkan-nya kepada orang banyak orang. Wibu adalah kebalikan dari itu, sama hal-nya dengan Otaku, Nijicon dan Hikikimori yang adalah sebutan untuk para penggemar suatu anime, manga ataupun game! Wibu adalah tipe orang yang over-fanatik akan suatu hal seperti hal-nya anime dan manga.

Namun Wibu adalah tipe orang-orang yang suka memperlihatkan kesukaan/kegemaran-nya terhadap anime dan figure-figure koleksi kepada umum. Tipe orang seperti mereka ini, suka ikut untuk meramaikan acara parade jepang yang hadir di indonesia seperti acara tahunan jepang, GJUI, AFA ID, dan gelaran acara jepang culture lainnya. Dan rata-rata kalau cewek! mereka ikut berpartisipasi dalam meramaikan suatu parade culture jepang dengan ikut menjadi Cosplayer dan Icon penyambut pengunjung.

Kali ini, yang akan Dafunda Otaku membahas adalah tentang beberapa fakta tentang anime yang mungkin belum kamu ketahui, inilah 8 fakta menarik tentang anime yang harus kamu tahu. Artikel ini terkait apa itu Otaku, apa itu Hikkikimori, apa itu Wibu, fakta tentang anime, fakta unik tentang anime.

Tambah Wawasan! Inilah 8 Fakta Menarik Tentang Anime Yang Harus Kamu Tahu

1. Mau Apapun Judul Anime-nya, Emak Akan Terus Menganggap Itu Anime Naruto

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Kalau mencari anime di Televisi, mungkin tidak akan banyak seri/movie dari anime yang akan kamu temukan dari beberapa masa di televisi. Nah di TV itu sangat populer tayang-nya seri anime Naruto – Naruto Shippuden, dan dari beberapa mayoritas, emak-emak tahu tentang anime itu hanya Naruto, Naruto & selalu Naruto.

Jadi, wajar saja kalau meskipun seri anime yang kita tonton tidak berkaitan, berbeda judul atau bahkan cerita dan genre yang jauh dari anime Naruto, emak kamu akan selalu beranggapan kamu sedang menonton anime Naruto! hahahaha. Tapi ada bagusnya juga sih, apa ayo? coba tuliskan lewat kolom komentar.

2. Anime Yang Terpengaruh Gaya Disney

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Setiap anime mempunyai ciri khas tersendiri, seperti desain Grafis, Art, Visual dan Jalan Cerita (Story). Jika ditelusuri dari latar belakang sejarah anime, semua itu akan menunjuk ke 1 orang, yaitu Osamu Tezuka, Animator yang membuat sejarah dan membuat konsep anime terus berlanjut hingga sekarang.

Animator atau-pun Studio yang menggarap rillisan anime hingga sekarang tentu terpengaruh oleh gaya sang masterpiece, namun beliau tidak menciptakan gaya tersebut sendiri. Osamu Tezuka terpengaruh kartun Disney di masanya seperti Bambi dan Mickey Mouse. Seperti Astro Boy yang tampak terpengaruh dari gaya Disney.

3. Space Brother Adalah Anime Pertama Yang Memiliki Suara Asli Dari Luar Angkasa

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Seri anime dengan total 99 episode berjudul Space Brother ini adalah sebuah seri anime yang menceritakan tentang dua anak laki-laki yang bercita-cita menjadi Astronot. Nah! pada episode ke-31, ada rekaman suara yang benar-benar diambil saat di luar angkasa. Akihiko Hoshide melakukan sesi rekaman tersebut saat berada di ISS (International Space Station).

4. Anime Dengan Total Episode Terbanyak Sepanjang Masa Dengan Total 7.400+ Episode

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Kamu Oplovers (One Piece Lovers) yang beranggapan kalau seri anime Luffy dan kawan-kawan adalah seri anime terpanjang sepanjang masa? tentu kamu salah. Seri anime Sazae-chan adalah seri anime dengan total episode terbanyak sepanjang masa, hingga saat ini anime ini telah memiliki 7.400 lebih episode dan masih berlanjut sampai saat ini-pun.

Anime ini sendiri memang mempunyai durasi yang sedikit pada penayangan setiap episode-nya. Durasi dari setiap episode hanya kisaran 6 menit lebih, namun ada seri anime Nippon Mukashibanashi yang telah mencapai 1400+ episode dengan durasi 25 menit per-episodenya.

5. Anime Adalah Tempat Menempatkan Promosi Iklan Yang Strategis

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Tau kartun-kan? saat menonton kartun, sekilas akan terlihat beberapa merk sponsor atau iklan barang dagang disana. Begitu juga dengan anime! beberapa dari seri anime memang memiliki tujuan awal untuk wadah/tempat meletakan sponsor dan iklan-iklan komersil. Seperti Pizza Hut yang sering muncul di Code Geass, atau Doritos dan Kirin bir yang sering muncul di seri anime Evangelion Rebuild.

6. Karakter Anime Yang Mempunyai 22 Seiyuu Lebih (Pengisi Suara)

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Mungkin kamu akan menemukan Seiyuu favorit melalui seorang karakter di seri anime, seperti saya yang suka dengan suara Kouki Uchiyama seiyuu dari Yuu Otosaka (Charlotte). Dan ada beberapa kasus tentang seiyuu dari karakter anime yang ternyata lebih dari 1 orang.

Karakter Eucliwood Hellscythe dari seri anime Kore wa Zombie desu ka? memiliki 22 suara yang berbeda-beda karena seiyuu dari karakter ini ada 22 orang. Uniknya, karakter EU ini sangat jarang berbicara, karena apa yang ia katakan akan menjadi kenyataan. Mungkin inilah yang membuat suara dari karakter ini tidak terlalu janggal dari sudut pandang penggemar.

7. Anime Sudah Di Produksi Sejak Tahun 1990-an

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Anime adalah teman terbaik menurut Dafunda Otaku, dari jaman SD hingga SMP dengan jalan cerita dan grafis anime yang membuat kita terpukau, juga dengan efek klimaks seperti aksi, perang, supernatural dan berkelahi. Animanga, adalah kisah sejarah sampai saat ini yang diawali Osamu Tezuka sejak tahun 1950-an.

Fakta penting tentang Anime alias Animasi Jepang yang harus kamu ketahui adalah bahwa anime sudah ada sejak 1907 atau bahkan sebelum itu. Tentu bentuk dan komposisinya masih sederhana dan tidak sekompleks sekarang, seperti desain art dan efek yang masih sangat minim.

8. Menyedihkan, Rata Rata Animator Di Jepang Di Gaji Dibawah UMR

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Kita sebagai penggemar anime dan manga terkadang hanya mendapatkan tontonan, ataupun manga dari sebuah seri dengan sangat mudah dan instan, seperti mengunduh atau menonton anime bajakan dari sebuah situs yang bisa dikatakan ilegal, hingga meng-copy data dengan Memori atau Flashdisk.

Dan ini adalah satu hal yang cukup miris, kebanyakan dari teman-teman Dafunda Otaku mungkin beranggapan menjadi seorang Animator (Anime Manga Kreator) adalah hal yang menyenangkan karena hanya bekerja di depan komputer dan mendapatkan gaji tinggi, apalagi langsung bekerja di jepang.

8 Fakta Menarik & Unik Tentang Anime Dafunda Otaku

Wah, kalian cukup salah menilai hal tersebut, Animator di jepang setiap hari dikebut untuk memproduksi anime dan semakin bertambah banyak setiap tahunnya. Namun bukannya mendapat gaji tinggi, fakta-nya animator disana justru memiliki gaji dibawah rata-rata, duh pekerjaan yang cukup menyedihkan.

Itulah tadi tentang beberapa fakta tentang anime yang mungkin belum kamu ketahui, 8 fakta menarik tentang anime yang harus kamu tahu. Artikel ini terkait apa itu Otaku, apa itu Hikkikimori, apa itu Wibu, fakta tentang anime, fakta unik tentang anime. Berikan reaksi kamu tentang artikel ini, juga pendapat kamu lewat kolom komentar.

5/5 (1 Review)

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi