Mengenal Apa itu Seiyuu, Peran Penting Dibalik Kepopuleran Sebuah Anime!

Apa Itu Seiyuu (Pengisi Suara) Dafunda Otaku

Apa Itu Seiyuu? dan bagaimana perkembangannya sebagai salah satu profesi penting di Industri Kreatif? Kali ini Dafunda Otaku akan mencoba untuk membahas Seputar Seiyuu.

Banyak sekali yang namanya penggemar anime itu menyukai seorang karakter dan lebih dari sekedar suka, bahkan karakter itu menjadi Waifu favorit untuk kaum cowok, dan Husband di kaum cewek. Berbagai alasan membuat mereka menjadi seperti itu.

Ada yang suka karena menurutnya karakter itu keren, misalnya seperti Oreki Houtaru dengan sifat dingin dan sinisnya. Ada juga yang menyukai karakter karena senang dengan suaranya, nah pengisi suara yang mengisi suara karakter-karakter di dalam anime itu disebut dengan Seiyuu.

Lantas, apa sih itu seiyuu. Yuk pahami makna tentang apa itu seiyuu dan hal-hal berkaitan tentangnya. Mengenal seiyuu, peran penting dibalik kepopuleran sebuah anime!

Apa itu Seiyuu (声優)?

Oke, apakah kamu pernah mendengar istilah seiyuu sebelumnya? entah itu dari mulut teman atau orang lain yang tidak kamu kenal. Kalau pernah, berarti orang itu telah memahami tentang hal-hal berkaitan ataupun apa itu seiyuu sendiri.

Bagi yang awam atau baru mendengar istilah itu, pasti akan bingung peran dan kaitan seiyuu dengan anime itu apa. Seiyuu, itu adalah sebutan untuk seorang pengisi suara di Jepang, kalau dalam bahasa Inggris itu disebut Voice Actor atau Character Voice.

Kouki Uchiyama (Seiyuu)

Kalau di Indonesia itu berarti seiyuu adalah sebutan untuk seorang pengisi suara. Entah itu untuk anime ataupun film. Seiyuu (pengisi suara). Contohnya karakter Yuu Otosaka dari seri anime berjudul Charlotte yang diisi suara oleh seiyuu bernama Kouki Uchiyama.

Seiyuu juga mengisi suara di berbagai tempat berbeda-beda selain sebagai karakter anime, yaitu video game, sandiwara radio, narasi, ataupun juga mengisi suara untuk film-film dari luar negeri. Tak jarang pula mereka juga sering menyanyikan lagu dari anime, entah itu lagi tema, lagu pembuka ataupun lagu penutup.

Apa itu Seiyuu?

Seiyū (声優 aktor suara) (seiyu atau seiyuu) adalah sebutan untuk pengisi suara di Jepang. Pekerjaannya mengisi suara untuk anime, permainan video, sandiwara radio, narasi, dan melakukan sulih suara film seri, film cerita, acara televisi impor.

Seiyuu Berperan Penting untuk Anime?

Mengenal Apa Itu Seiyuu, Istilah Dari Jepang Dafunda Otaku
Seiyuu Attack on titan | Twitter.com

Mungkin akan ada pertanyaan, apakah seiyuu begitu penting dalam sebuah proyek anime? yup, sangat-sangat penting. Tanpa seiyuu, karakter-karakter dari anime yang kalian tonton tak akan bisa bicara! mau pakai suara apa, robot? hihihihihihi.

Seiyuu sendiri, apakah ada semacam aturan tertentu untuk bisa bekerja sebagai seorang pengisi suara? jawabannya adalah ya. Seorang seiyuu harus bisa memerankan berbagai macam karakter dari berbagai umur, entah itu karakter cowok atau cewek.

Mengenal Apa Itu Seiyuu, Istilah Dari Jepang Dafunda Otaku
Mengenal Apa Itu Seiyuu, Istilah Dari Jepang Dafunda Otaku

Mereka juga diwajibkan untuk bisa menjadi pengisi suara karakter anak-anak yang sering disebut juga dengan Loli, bayi, karakter lanjut usia, suara binatang bahkan mesin sekalipun.

Mengenal Apa Itu Seiyuu, Istilah Dari Jepang Dafunda Otaku

Mengapa seperti itu? karena pada kenyataannya banyak karakter cowok yang digambarkan sebagai karakter masih muda, diisi oleh seiyuu cewek loh.

Entah mengapa, hingga saat ini belum ada seiyuu cowok yang mengisi suara karakter cewek. Entah karena tidak ada yang mampu atau memang ada peraturan mereka tidak boleh menjadi pengisi suara karakter cewek. Eiits, itu di anime! kalau di Youtube udah banyak, seiyuu dari Virtual Youtuber tuh misalnya.

Inilah Cara Seiyuu Bekerja!

Mengenal Apa Itu Seiyuu, Istilah Dari Jepang Dafunda Otaku

Dalam produksi membuat karakter anime atau film. Proses pengisian suara disebut dengan Afureko, singkatan dari after recording. Mereka akan membaca dialog dan suaranya direkam sambil melihat naskah percakapan karakter di sebuah layar.

Sekarang, para seiyuu juga sering diharuskan untuk merekam suara di depan layar kosong atau sketsa anime yang sedang diproduksi, dan proses tersebut dinamakan dengan Puresuko (pre-scoring).

Ada sebuah proses sulit untuk seiyuu suara film impor yaitu Atereko (nenempelkan dialog). Seiyuu harus menyesuaikan dialog mengikuti gerak bibir aktor di layar, hmm yang begini susah minna.

Mengenal Apa Itu Seiyuu, Istilah Dari Jepang Dafunda Otaku

Ilustrasinya, rekaman untuk film yang akan berdurasi sekitar 2 jam biasanya membutuhkan waktu 7 hingga 8 jam. Nah, berbeda dengan anime atau film, rekaman suara khusus untuk karakter video game direkam berurutan sesuai jalannya permainan.

Yang jadi seiyuu untuk video game, tak jarang mereka harus mengisi suara seorang sendiri tanpa kehadiran lawan berdialog loh. Di pertunjukan boneka atau sebuah drama yang dimainkan aktor berkostum (Kigurumi), dialog diucapkan oleh seiyuu dari belakang layar. Atau alternatif lain yaitu dialog sudah direkam sebelum drama atau pertunjukan dimulai.

Gaji sebagai Seiyuu, Menjanjikan?

Di dalam dunia tersebut, penghasilan seiyuu itu relatif. tergantung tingkat senioritas sang pengisi suara itu sendiri. Ketika mulai mengisi suara karakter anime, Honor dihitung dalam satuan 30 menit. Jadi penghasilan berlaku kelipatan mulai dari 30 menit.

Proyek anime yang akan berdurasi 30 menit, biasanya memakan waktu rekaman sekitar 3 hingga 4 jam. Nah kalau yang ini honor dihitung dalam satuan 10 menit. Kalau untuk iklan di televisi! satuan waktu untuk iklan jauh lebih pendek lagi ya kan, sekitar 15 atau 30 detik.

Pengen jadi Seiyuu, Ada Sekolahnya kah?

Mengenal Apa Itu Seiyuu, Istilah Dari Jepang Dafunda Otaku

Di Jepang, lulusan SMA yang mau mewujudkan keinginan untuk menjadi seorang seiyuu bisa mengambil kuliah jurusan drama di universitas atau sekolah kejuruan (Senmon Gakkou). Nah hal penting yang perlu kalian ketahui tentang sekolah di bidang itu adalah, pendidikan seiyuu yang formal berlangsung paling sedikit satu tahun atau minimal 800 jam pelajaran.

Satu angkatan seiyuu di sebuah akademi juga diharuskan memiliki jumlah siswa minimal 40 orang. Kurikulum di sekolah kejuruan bersifat umum, dari mulai dasar-dasar akting hingga praktiknya.

Sebaliknya, untuk pendidikan swasta bagi seiyuu di Jepang, mereka tidak mendapatkan pendidikan secara intensif seperti pendidikan formal, juga tidak memerlukan biaya yang banyak.

Mengenal Apa Itu Seiyuu, Istilah Dari Jepang Dafunda Otaku

Untuk yang akan masuk ke sekolah swasta khusus bidang seiyuu, mereka tidak perlu mengikuti yang namanya ujian masuk. Selain mengikuti pendidikan secara formal di sekolah-sekolah atau akademi, calon-calon seiyuu juga bisa melatih dan belajar dengan cara bergabung dengan grup teater. Tertarik untuk menjadi seorang seiyuu? menurutku, kalau kaum cewek pasti banyak yang tertarik, hihihihihi.

Itulah pembahasan tentang topik terkait apa itu seiyuu, bagaimana cara mereka bekerja dan bahkan tentang gaji atau penghasilan mereka sebagai seorang pengisi suara. Sudah bisa menjawab bila ditanya apa itu seiyuu oleh teman-temanmu? oke. Kalau ada masukan atau sesuatu yang ingin dibahas terkait topik ini, yuk ngobrol di kolom komentar.

Referensi: Wikipedia

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi