Apa itu Otaku dan Perkembangannya di Indonesia

Apa Itu Otaku, Culture Yang Berasal Dari Jepang Dafunda Otaku

Otaku adalah – Kita semua pasti pernah atau setidaknya sekali saja, mendengar seseorang menyebut kata Otaku di dunia nyata, ataupun dunia maya. Kata-kata itu sendiri sudah tidak asing lagi bagi para penikmat Pop-culture Animanga. Lantas, apa itu Otaku dan Pengertian Otaku? Mari kita bahas.

Walaupun hanya sekedar menonton dan terbilang bukan menjadi hobi sehari-hari, tidak sedikit juga orang dewasa atau remaja yang menyukai anime di Indonesia. Hal itulah adalah salah satu faktor yang membuat kata Otaku menjadi tidak asing lagi di telingga orang kita.

Bagi kamu yang hanya pernah mendengar, pasti bingung dan mencari jawaban terkait hal tersebut. Setiap penikmat animanga sendiri pasti ingin agar dirinya tau dan mengerti apa sih arti dari kata yang sering disebutkan oleh seseorang kepada dirinya.

Bisa jadi itu adalah sebutan sebutan negatif, ataupun positif yang akan membuat kalian kecewa ataupun bahagia, karena tak tau apa sih maksud dari seseorang mengatakan itu. Jadi, Otaku adalah?

Pengertian Otaku

Apa itu Otaku, Perkembangan Otaku, Otaku Adalah
Pengertian Otaku Adalah Apa Itu Otaku Siapa Otaku Dafundacom Foto Ilustrasi Apa itu Otaku: Tofugu.com

Apa itu Otaku? Jadi Otaku adalah sebuah istilah dari bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut seseorang yang benar-benar menekuni suatu hobi yang sangat disukai.

Misalnya jika kalian coba menonton sebuah anime, dan secara tidak sengaja kalian mulai menyukai dan terus mencoba mencari hal baru tentang anime.

Seperti membaca manga atau hal lainnya yang berhubungan dengan animanga. Lama-lama kalian makin menyukai hal itu dan membuatnya menjadi hobi kalian. Disaat itulah kalian bisa disebut dengan Otaku.

Asal Mula Otaku

Asal Mula Otaku? Otaku sendiri berasal dari sebuah istilah bahasa Jepang yang merujuk kepada rumah atau keluarga orang lain (お宅/御宅, Otaku). Kata ini sendiri sering digunakan untuk kata ganti orang kedua.

Bentuk slang modern dari Otaku ditulis sepenuhnya dengan Aksara Hiragana (おたく) atau Katakana (オタク, atau yang lebih jarang, ヲタク) untuk membedakan dengan makna terdahulunya.

Istilah ini awalnya berasal dari percakapan antar penggemar anime yang selalu menyapa lawan bicara dengan sebutan Otaku atau kata ganti “Anda” (orang yang menyukai anime).

Perkembangan Otaku di Indonesia

Apa Itu Otaku, Culture Yang Berasal Dari Jepang Dafunda Otaku
Ilustrasi Pengertian Otaku – Shirobako

Perkembangan anime di Indonesia sendiri sekarang sudah tidak bisa dipungkiri, karena banyak sekali orang yang menyukai hal unik yang berasal dari Jepang ini.

Bahkan di Indonesia ada beberapa jenis generasi untuk orang yang menyukai anime, terlebih lagi pameran atau pun event Cosplay semakin besar di Indonesia.

Itu sudah menjadi tidak asing dan membuat hal apapun yang berhubungan dengan anime menjadi semakin populer, alhasil semua orang yang belum mengetahui anime akan menjadi tahu dengan berjalannya waktu.

Pengaruh Budaya Otaku di Indonesia

Dampak Positif Otaku? Pengaruh budaya Jepang ini tentu saja memberikan dampak positif pada remaja di Indonesia, karena setiap anime yang mereka tonton banyak anime yang mengajarkan kebaikan dan kejujuran dan beribawa yang baik.

Menonton anime juga adalah sebuah hal yang sangatlah seru, dengan menonton anime kamu bisa menemukan berbagai tontonan yang membuat otak manusia berkembang untuk berfikir secara kreatif.

Misalnya saja bagi seseorang yang mempunyai potensi atau kemampuan untuk menggambar, mulai menggambar manga nya sendiri. Selain itu, karena adanya karakter anime yang disukai oleh para penonton, munculah keinginan seseorang untuk menjadi Cosplayer yang akan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah (uang) kedepannya. Menarik bukan?

Dampak Negatif Budaya Otaku? Hal ini juga ada. Pengaruh budaya Jepang ini tentu tidak lengkap jika hanya ada yang positif, beberapa dampak negatif para penikmat animanga adalah, seperti munculnya merchandise anime-anime yang mereka sukai.

Apa Itu Otaku, Culture Yang Berasal Dari Jepang Dafunda Otaku
Ilustrasi Otaku – Shirobako

Produk-produk yang termasuk kategori itu adalah barang yang sangat mahal, ketika seorang Otaku belum mempunyai pekerjaan, tidak jarang juga mereka mulai berpikir untuk mencuri uang milik orang tuanya sendiri untuk bisa membeli produk-produk tersebut.

Tidak hanya itu saja, di negara Jepang sendiri para Otaku sangat dikucilkan loh, banyak orang berpikiran bahwa mereka hanya orang-orang malas yang menghabiskan waktunya hanya untuk menonton anime dan menghabiskan uang secara sia-sia. Bagaimana menurut kamu?

Hal itu memunculkan kata lain dari Otaku seperti Weeabo (Wibu) ataupun seorang Hikikomori. Mereka-mereka yang tergolong seperti itu adalah mereka-mereka yang menganggap anime sudah seperti hidupnya dan sedikit demi sedikit pola pikirnya menghilang karena hal itu.

Kesimpulan dari Pembahasan Otaku Kali Ini

Apa Itu Otaku

Otaku adalah istilah dari bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang benar-benar menekuni suatu hobi yang ia sukai.

Otaku Adalah

Jadi, Otaku adalah mereka-mereka yang menekuni hobi tertentu. Istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal negara tersebut, seperti anime dan manga.

Contoh Otaku

Misalnya ketika seseorang coba menonton sebuah anime dan secara tidak sengaja mulai menyukai dan mencoba mencari hal baru tentang anime seperti membaca manga atau hal lainnya yang berhubungan dengan hal itu.

Lama-lama ia makin menyukai anime dan membuatnya menjadi hobi yang ditekuni. Disaat itulah seseorang bisa disebut dengan Otaku.

Jadi, siapa Otaku? Jika kalian pahami bahasan tadi dengan benar, bisa jadi teman, kerabat, kakak atau bahkan kamu sendiri adalah seorang Otaku.


On Youtube:

Itulah pembahasan tentang pengertian Otaku dan berbagai hal terkait tentangnya. Ataupun Asal mula dan perkembangan Otaku di Indonesia menurut Dafunda Otaku. Jadi apakah kalian termasuk Otaku yang positif atau negatif? Kasih tau aku di kolom komentar ya.

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi