Apa Itu NEET & Hikikomori, Inilah Pengertian Dan Asal Mula-nya

NEET Dafunda Otaku

Kamu pernah bertemu dengan seseorang dengan akun sosial media miliknya yang suka berkomentar alias hobi sekali memberikan tanggapan terhadap suatu topik di sosial media alias postingan? orang itu seperti full-time saja di internet. Nah, berbeda dengan maksud dari Apa Itu Netizen! NEET bisa dibilang adalah kerabat dari kata Netizen. Dafunda Otaku pun sering bertemu dengan orang-orang NEET lewat media sosial.

Apa itu NEET? – NEET adalah kepanjangan dari Not Employment, Education, or Training. Istilah itu adalah istilah yang muncul pertama kali di daerah inggris pada tahun 90an, dan istilah ini ditujukan untuk orang-orang yang tidak/belum memiliki pekerjaan (pengangguran) pada usia berkisar 16 hingga 18 tahun.

NEET Secara Singkat

NEET Dafunda Otaku

Apa itu NEET? – NEET adalah istilah untuk orang orang yang masih berstatus pengangguran. Jadi kalian mengerti-kan mengapa NEET dan Netizen dekat, karena biasanya Netizen yang full-time adalah seorang NEET yang tidak punya kerjaan dan hanya sibuk memberikan tanggapan sebuah topik di dunia maya dengan akun sosial media miliknya.

Perkembangan NEET

Setelah istilah tersebut dikenal luas di inggris, istilah NEET berlanjut ke negeri sakura, yaitu Jepang. Dan istilah NEET berkembang di Jepang kira-kira pada tahun 1997, saat pertama masuk ke Jepang, istilah ini juga di-iringi bersamaan dengan masa krisis moneter Jepang.

Tahun 2003, jumlah populasi NEET di Jepang sudah mencapai 520 ribu orang dan diperkirakan jumlah itu akan mengalami kelipatan pada tahun 2010, dan pastinya tahun 2013 juga sudah mengalami kelipatan.

Hingga kini, di negara Jepang, NEET dikenal dengan sebutan Mugyousha! yaitu orang yang  tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran. Orang-orang yang dikatakan dengan istilah ini yaitu orang yang tidak memiliki pekerjaan, tidak terikat dengan pendidikan dan rumah tangga. Orang-orang Mugyousha pada umumnya merupakan orang-orang penggangguran pada usia produktif yaitu 15-35 tahun.

NEET di negara Jepang sendiri, kebanyakan berasal dari kalangan orang kaya, berbeda dengan negara lain yang rata-rata berasal dari keluarga yang kurang mampu. Dan di Jepang, ada 4 tipe NEET atau Mugyousha! yaitu :

1. Yankee Kata (tipe Yankee)

Yankee Kata Dafunda Otaku

NEET yang satu ini adalah typical orang yang hanya suka bersenang-senang dari pada memikirkan soal pekerjaan. Tipe ini adalah tipe orang yang sangat bergantung pada orang tua, tidak mau memikirkan susahnya mencari uang sendiri, dan biasanya Yanke Kata adalah pengangguran dari kalangan orang kaya raya.

2. Hikikomori Kata (tipe penyendiri)

Hikikomori Kata Dafunda Otaku

Apa itu Hikikomori? – Inilah NEET tipe yang kedua ini, banyak terdapat di indonesia, biasanya orang-orang tipe ini berkumpul atau suka aktif disebuah grup sosial media seperti grup Facebook dan grup chatt lainnya. NEET tipe ini adalah orang yang lebih suka mengurung diri dikamar daripada bersosialisasi dengan lingkungan, atau bisa dikatakan tidak suka bersosialisasi dengan lingkungan luar.

Perkembangan Hikikomori – Biasanya para pengidap NEET tipe ini menghabiskan waktunya dengan bermain game atau internet didalam kamar. Banyak NEET tipe ini mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri/jisatsu karena merasa bosan dengan kehidupannya. Jadi, Hikikomori adalah salah satu tipe dari seorang NEET.

3. Tachisukumu Kata (tipe ragu-ragu)

Tachisukumu Kata Dafunda Otaku

NEET Tachisukumu Kata adalah tipe NEET yang masih memikirkan soal pekerjaan dan sangat bimbang tentang bagaimana nanti nasib dirinya di masa depan. Dan biasanya NEET tipe ini rata-rata adalah orang yang telah lulus dari perguruan tinggi.

4. Tsumazuki Kata (tipe gagal)

Tsumazuki Kata Dafunda Otaku

NEET Tsumazuki Kata, adalah seorang pengangguran yang pernah mencoba membuka usaha, ia pernah berani menjalankan bisnis dan usaha sendiri namun mengalami kegagalan hingga membuatnya trauma dan tidak berani untuk mencoba bangkit kembali.

Dan dari pemerintah jepang, cara mereka melakukan upaya untuk mengantisipasi bertambahnya NEET, yaitu dengan mengadakan program pelatihan khusus untuk para NEET yang bekerja sama dengan perusahaan pemerintah maupun swasta. Lewat program tersebut para NEET diberikan pengarahan, konseling, dan pengenalan dunia kerja, bahkan mereka juga ditawarkan job training yang diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri mereka untuk terjun ke dunia kerja.

Itulah tadi tentang apa itu NEET serta beberapa penjelasan asal mula dan perkembangan NEET. Orang-orang yang disebut NEET ini mempunyai beberapa faktor yang membuat mereka jadi seperti itu, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi seseorang menjadi seorang NEET, dari lingkungan dimana mereka bekerja dan lingkungan mereka tinggal bahkan orang tua. Jika kamu seorang NEET yang ingin berbagi cerita, tidak masalah kok! kamu bisa berbagi lewat kolom komentar.

5/5 (2 Reviews)

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi