Sebenarnya apa yang Dimaksud dengan Cosplay? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Mengenal Apa Itu Cosplayer, Inilah Sejarah Dan Perkembangannya Dafunda Otaku

Untuk orang awam atau bahkan kalian Sahabat Dafunda Otaku yang tidak pernah ikut atau bahkan di daerah kalian tidak ada yang namanya Event Cosplay, mungkin tidak akan mengerti betul tentang apa itu Cosplayer. Kalau membahas tentang budaya Pop Jepang rasanya seperti tak akan pernah habis, salah satunya adalah tentang apa itu Cosplay. Apa itu Cosplay dan apa itu Cosplayer? inilah sejarah dan perkembangannya, simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Cosplayer, Inilah Sejarah Dan Perkembangannya

Apa itu Cosplay dan Cosplayer? Cosplay adalah sebuah budaya Trend yang dari dulu hingga sekarang tetap saja populer, Cosplay adalah perwujudan nyata dari Chuunibyou. Cosplay itu adalah dimana seseorang menirukan seorang karakter/tokoh Animanga serupa mungkin agar terlihat mirip dengan versi 3D. Sejarah Cosplay – Awalnya, Cosplay adalah budaya yang berasal dari barat yang kemudian masuk ke Jepang, didominasi dengan kata Costume dan Play.

Terkait dengan yang saya maksud tadi, Cosplay adalah sebuah Trend dimana seseorang itu meniru seorang karakter Anime atau Manga dengan mengenakan Kostum, Aksesoris, dan bahkan Wig (rambut palsu) agar terlihat serupa alias mirip dengan karakter yang ia tirukan dikatakan Cosplayer.

Sejarah Dan Perkembangan Cosplay

Seperti yang saya sebutkan tadi, bahwa kata Cosplay itu awalnya berasal dari barat yaitu dari kata Kostume dan Play. Ketika mulai populer di Jepang, kata-kata Cosplay berubah penulisannya dari Costume Play menjadi kata Katakana yaitu Kosupure, cara mereka mengatakan seperti itu dikarenakan orang jepang sulit untuk menyebutkan Konsonan.

Jadi intinya! Cosplay itu adalah permainan kostum (Custome Play) dimana orang-orang yang ingin menirukan seorang karakter Animanga akan mengenakan baju dan kostum karakter dari Game, Anime, film kartun, dan juga Musisi atau seorang artis Idola. Orang yang mengenakan kostum atau Wig itulah yang disebut dengan Cosplayer.

Apa Itu Cosplay, Inilah Sejarah Dan Perkembangannya Dafunda Otaku

Dulu, Cosplay merupakan sebuah kebiasaan yang banyak digunakan pada ajang Entertainment yang biasa juga disebut pesta topeng, pesta topeng itu bertajuk Nihon SF Taikai ke-17. Pesta topeng tersebut biasa diselenggarakan saat menjelang hari Paskah atau Halloween. Budaya Cosplay mulai masuk di Jepang sekitar tahun 70-an lewat sebuah pagelaran busana untuk mengenal kostum-kostum unik di wilayah Ashinoko.

Siapa Cosplayer Pertama di Jepang?

Apa Itu Cosplay, Inilah Sejarah Dan Perkembangannya Dafunda Otaku

Cosplay pertama di Jepang? berawal dari kisah lucu yang malah dianggap sebagai awal mula dan bahkan menjadi catatan sejarah untuk Cosplay. Saat Nihon SF Taikai berlangsung, seorang perempuan bernama Mari Kotani yang juga adalah seorang kritikus dibidang Science Fiction, berdandan sebagai karakter sebuah cerita karya Edgar Rice Burroughs yang judulnya A Fighting Man of Mars.

Namun karena kurangnya wawasan akan cerita luar negeri, orang-orang Jepang yang hadir pada saat itu menyebut Mari Kotani memakai kostum Manga Triton Off The Sea karya Osamu Tezuka. Sejak saat itu, karakter tersebut dianggap sebagai Cosplay paling pertama di Jepang.

Nah! dari sinilah akhirnya Budaya Trend Cosplay mulai populer. Setelah acara selesai, Jepang membuat berbagai Kontes Cosplay sebagai sebuah acara rutin. Kontes Cosplay pertama itu ada pada tahun 1980 yaitu Nihon S Taikai. Konten itu dihadiri oleh banyak sekali penggemar Anime, Manga sampai genre Science Fiction.

Populernya Cosplay

Pada tahun 1980, majalah Fanroad memberikan ada sebuah geng Cosplayer pertama mengenakan kostum dan dandanan mereka seperti Gundam di kawasan Harajuku, mereka menyebut diri mereka dengan nama Tominoko-zoku. Namun ternyata berita itu hanyalah sebuah bumbu untuk menambah sensasi yang akhirnya, pada tahun 1986 mulai banyak Cosplayer yang berfoto-foto yang disebarkan ke banyak Media lalu membuat budaya Pop-culture Cosplay populer hingga sekarang. Singkatan dari Cosplay itu adalah permainan Kostum.

Perkembangan Cosplay Di Indonesia

Apa Itu Cosplay, Inilah Sejarah Dan Perkembangannya Dafunda Otaku

Tidak seperti di Jepang, Cosplay mulai dikenal di Indonesia itu saat masuk tahun 2000 saat Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan sebuah event bertajuk Gelar Jepang UI khusus sebagai Event Cosplay yang ternyata, belum mendapatkan antusias yang besar dan sepi peminat pada saat itu.

Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai banyak mengenal Anime dan Manga lalu mulai membuat banyak Event Copslay karena melihat budaya tersebut yang populer di Jepang. Hingga saat ini, event-event besar bisa kamu temukan di berbagai kota besar yaitu Bandung, Surabaya, Pontianak, Jakarta, dan kota-kota besar lainnya. Ada berbagai macam jenis Cosplay diantaranya Cosplay Anime dan Manga, Cosplay Game, dan Cosplay Tokusatsu.

Itulah tadi ulasan saya terkait apa itu Cosplay, apa itu Cosplayer, dan sejarah dan perkembangan Cosplay. Tentu karena banyak berbagai Media yang memberikan cuplikan atau foto-foto Cosplay yang memberikan gambaran kepada kamu seperti apa itu bentuk Cosplayer, sehingga membuat kamu jadi tahu meskipun kalian belum pernah datang ke Event Cosplay atau bahkan di kota kamu tidak ada Event seperti itu. Jika kamu punya sesuatu yang ingin disampaikan terkait topik ini, silahkan tulis langsung lewat kolom komentar.

Masih Kurang Jelas? Tonton Video Penjelasan tentang Apa itu Cosplay Berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=8PulWSozhtk

Suka dengan Video dari Dafunda Otaku? kalau begitu Jangan Lupa Subscribe Channel kami dengan cara Klik Link Berikut ini.

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi