Apa Maksud Akhiran Kata -Chan, -Kun, -San, Sama, dan -Dono dalam Bahasa Jepang?

Penggunaan Akhiran Chan, Kun, San, Sama, Dono Yang Benar M.Solihin

Dafunda Otaku – Bagi kamu yang baru mengenal budaya Jepang, pasti akan dibuat bingung dengan cara orang Jepang memanggil teman atau kerabat mereka. Ada yang menyebut nama temanmya dengan akhiran Chan, San, ada pula istilah lain seperti Kun, Sama, dan Dono.’

Apa sih maksud akhiran nama-nama tersebut? Mari kita bahas. Apa itu Chan, apa itu San, apa itu Kun dan apa itu Dono disini, pelajari dan perhatikan dengan benar ya temen-temen.

Mengenal Penggunaan Kata Chan, Kun, San, Sama, dan Dono yang Benar

Selain tulisan, kata-kata itu masing-masing memiliki perbedaan yang sangat berlainan. Aku akan menjelaskan bagaimana penggunaan yang benar untuk kata-kata panggilan tersebut ketika memanggil seseorang.

Tentu berdasarkan tata bahasa yang benar dari negara Jepang. Berikut adalah bahasan tentang, penggunaan akhiran Chan, Kun, San, Sama, dan Dono yang benar untuk memanggil nama seseorang.

Apa Itu Chan dan Kapan Menggunakannya?

Gambar Ilustrasi Apa itu Chan
Gambar Ilustrasi Apa itu Chan: Ipo-chan

Chan, itu biasanya digunakan untuk memanggil anak kecil, atau gadis-gadis remaja. Namun tak selamanya juga akhiran Chan digunakan untuk anak kecil. Terkadang seorang kakak juga dipanggil dengan akhiran tersebut.

Kakak disini bukan laki-laki ya, khusus untuk perempuan. Jadi jangan heran jika kamu menemui orang yang memanggil kakaknya dengan sebutan Onee-chan. Lantas, apakah kata Chan hanya untuk perempuan saja? Oh, itu tentu tidak.

Gambar Ilustrasi Apa itu Chan
Gambar Ilustrasi Apa itu Chan

Panggilan ini, juga biasa digunakan orang Jepang kepada orang-orang terdekat seperti teman, sahabat, atau pacar! kalau punya sih. Jadi meskipun kamu punya temen cowok, ya bisa dipanggil Chan untuk akhirnya di namanya. Catatan! panggilan ini punya kesan yang Kawaii ya.

Apa Itu Kun dan Bagaiman Penggunaan yang Benar?

Gambar Ilustrasi Apa itu Chan
Gambar Ilustrasi Apa itu Kun

Panggilan dengan akhiran Kun ini biasanya digunakan untuk memanggil anak laki-laki, biasanya para cewek menggunakan panggilan Kun ini untuk memanggil teman cowok yang sudah akrab dari kecil.

Tapi, sering juga panggilan ini digunakan kepada teman biasa, asalkan kenal. Kata Kun, ini tidak memiliki pengecualian seperti Chan. Jadi memang benar-benar hanya ditujukan untuk memanggil seorang laki-laki.

Apa Itu San dan Kapan Penggunaannya?

Gambar Ilustrasi Apa itu Chan
Gambar Ilustrasi Apa itu San

Berikutnya adalah sebuah panggilan akhir nama yaitu San. Kata akhiran untuk memanggil seseorang ini adalah sebuah panggilan yang Universal. Jadi boleh, atau biasa digunakan oleh kalangan tua, muda, cewek, cowok, atau siapapun boleh deh pokoknya.

Panggilan San boleh digunakan untuk memanggil orang yang belum telalu dikenal, dan itu adalah panggilan yang sopan untuk menyebut seseorang yang belum dikenal, bagus ya kan.

San juga bisa untuk menyebutkan sebuah profesi seseorang. Misalnya ada sebuah toko yang jual makanan Sushi, jadi kita bisa menyebutnya Sushi a-san. Sudah paham akan apa itu San?

Apa Itu Sama dan Kapan Digunakan?

Gambar Ilustrasi Apa itu Chan
Gambar Ilustrasi Apa itu Sama

Panggilan Sama, adalah sebuah panggilan akhiran nama yang digunakan untuk memanggil seseorang yang derajatnya jauh diatas kita, seperti Tuhan atau Dewa. Jadi untuk menyebut Tuhan, seseorang menyebutnya Kami-sama.

Kalau di Indonesia kita punya pepatah pembeli adalah raja, kalau di Jepang itu pembeli adalah Tuhan atau Dewa.

Jadi nyebut pembeli di Jepang itu adalah dengan Kyaku-sama. Panggilan ini juga biasa digunakan untuk memanggil seseorang dari kaum bangsawan, misalnya O-sama dan Ojou-sama.

Dono

Gambar Ilustrasi Apa itu Chan
Gambar Ilustrasi Apa itu Dono

Terakhir, ada panggilan yang bertuliskan Dono. Panggilan ini merupakan sebuah sebutan gelar kehormatan di negara Jepang. Biasanya panggilan ini digunakan oleh para Samurai untuk memanggil tuan tanah tempat mereka mengabdi.

Contohnya, yang bisa kalian tonton di seri lawas Ruroini Kenshin atau yang populer disebut Samurai X. Kalau kalian perhatikan dengan seksama, karakter utama yang bernama Kenshin memanggil Kaoru dengan sebutan Kaoru-dono.

Karena tanah tempat tinggal Kaoru adalah tempat ia mengabdi beberapa tahun lalu. Tapi sayangnya, sekarang ini panggilan Dono sudah jarang digunakan. Ada yang tau alasannya mengapa?

On Youtube:

Itulah pembahasan tentang penggunaan akhiran Chan, Kun, San, Sama, dan Dono yang benar untuk memanggil nama seseorang berdasarkan ilmu bahasa dari Jepang. Pertanyaan apa itu Chan sudah terjawab kan.

Sekarang timbul pertanyaan baru lagi nih, kira-kira panggilan yang tepat untuk seorang Trap, itu apa ya? Berikan jawaban kamu lewat kolom komentar ya. Yuk aktif di Komunitas ini.

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi