Banyak Sekali Anime Dengan Tema dan Setting Sekolahan, Mengapa Bisa Begitu?

in , ,
Alasan Mengapa Banyak Anime Yang Bersetting Sekolahan Dafunda Otaku

Dafunda Otaku – Kalau kalian perhatikan dengan seksama, dari kebanyakan anime baru yang rilis ketika menyentuh musim baru, selalu saja nyaris keluar sebuah seri yang mengambil setting dan bahkan memang tema utamanya adalah tentang sekolah.

Kalau dipikir-pikir, kok bisa gitu ya? Kenapa selalu ada nyaris setiap musim anime baru yang keluar pasti bertema dan mengambil setting di sekolah. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab mengapa banyak sekali anime bersetting sekolah, semuanya akan kita bahas bersama.

Alasan Mengapa Banyak Anime yang Bersetting Sekolahan

Mau itu tentang Isekai, Fantasy, bahkan Romance! pasti tetep aja sering mengambil setting sekolah. Genre utamanya sering dicampur erat dengan unsur sekolah, entah karakter dalam cerita adalah anak sekolah atau hanya sekedar mempunyai teman sekolahan yang sering dikunjungi.

Penggemar Anime yang Relevan akan Unsur Sekolahan

Alasan Mengapa Banyak Anime Yang Bersetting Sekolahan Dafunda Otaku
Mengapa banyak anime dengan setting Sekolah?

Oke, pendapat alasan mengapa banyak anime bersetting sekolahan pertama adalah karena kemungkinan besar penonton atau target pasar lebih bisa merelasikan diri mereka kalau menggunakan setting sekolah.

Misalnya Genre Slife of Life dan Komedi yang mengambil latar sekolahan. maka akan ada nilai plus seperti para penggemar yang akan kembali mengenang kisah canda tawa bersama teman di sekolah, entah itu dulu atau kemarin sore.

Alasan Mengapa Banyak Anime Yang Bersetting Sekolahan Dafunda Otaku

Selain itu, setting sekolah adalah satu hal yang tidak rumit untuk dimengerti para penonton. Dimana hal-hal seperti pelajaran, istirahat, PR, ujian, semester, naik kelas, liburan, adalah pengetahuan umum yang sudah tidak perlu untuk dijelaskan.

Unsur Favorit

Selain merupakan sebuah setting yang cocok, sekolahan juga merupakan tempat dan tema yang sudah seperti harus diperlukan setidaknya satu sekali terlihat dalam sebuah anime. Anak-anak muda Jepang pun, memang banyak memfavoritkan unsur atau tema sekolahan.

Karena seringkali untuk mencoba terus membuat anime dengan setting sekolah, akhirnya banyak Ilustrator atau mangaka lain ikut dan menjadi lebih terbiasa membuat background dengan menggambar ruang kelas, lorong, atau dan berbagai lingkungan umum sekolahan lainnya.

Alasan lainnya tentang mengapa banyak anime dengan setting sekolah? Menurutku pribadi sih, hanya itulah beberapa hal yang menjadi kemungkinan mengapa banyak sekali anime yang mengambil setting sekolahan dan dicampur bersama tema utama lainnya.


Setiap orang pasti mempunyai asumsi dan pendapat masing-masing. Kalau kamu merasa pendapatmu layak untuk dibahas, yuk diskusi duluan! atau sekedar ngobrol ngopi bareng lewat kolom komentar.

Muhammad Solihin

Head Content at Dafunda Otaku | Anisong, Utaite And Otaku Friends Hunter, Tebar Kebaikan Dengan Cara Bagikan - Ikuti Saya di Media Sosial.

Ayo mulai berdiksusi